Selasa, 06 November 2007

tugas persyaratan evaluator dan macam-macamnya

A. Evaluator Intern dan Evaluator Ekstern

1). Evaluator intern adalah sebuah tim yang ditunjuk oleh suatu organisasi yang melaksanakan program, terdiri dari orang-orang yang menjadi anggota organisasi program tersebut.

Contoh : Sebuah sekolah menyelenggarakan kegiatan penataran selama satu bulan. Disamping sekolah membentuk panitia penataran, juga mengangkat beberapa orang lain yang bukan panitia untuk mengamati pelaksanaan penataran. Tim penilai ini dapat ditunjuk sejak awal bersama-sama panitiapenataran, dan dapat pula ditunjuk kemudian.

2). Evaluator ekstern, adalah sebuah tim yang diminta (biasanya oleh pengambil keputusan) untuk melaksanakan penilaian terhadap efektivitas program agar hasilnya dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan di dalam menentukan tindaka lanjut terhadap kelangsungan atau terhentinya program tersebut.

Evaluator ekstern dapat berhasil dari sekelompok orang yang memang sudah profesional, yang memang merupakan kelompok yang siap dibayar oleh pengambil keputusan. Ada juga evaluator ekstern berasal dari perwakilan beberapa instansi yang ditunjuk. Misalnya penelitian terhadap proyek perintis sekolah pembangunan (PPSP) ditunjuk perwakilan dari beberapa IKIP yang tidak secara langsung menangani program tersebut.

B Persyaratan evaluator

Untuk memperoleh hasil evaluasi yang sebaik-baiknya, bagi evaluator program di tuntut adanya persyaratan-persyaratan tertentu :

1). Memahami materi, yaitu memahami seluk beluk program yang dievalusi, antara lain:

a. tujuan program yang sudah ditentukan sebelum mulai kegiatan

b. komponen-komponen program

c. variabel yang diuji cobakan atau dilaksanakan

d. jangka waktu dan perjadwalan kegiatan

e. mekanisme pelaksanaan program

f. pelaksanaan program

g. sistem monitoring pelaksaan program.

2). Menguasai teknik, yaitu menguasai cara-cara atau teknik yang digunakan didalam melaksanakan evaluasi program. Oleh karena evalusi program tidak lain adalah penelitian evaluasi, maka evaluator program harus menguasai metodologi penelitian meliputi:

a. cara membuat perencanaan penelitian

b. teknik menentukan populasi dan sampel

c. teknik menyusun instrumen penelitian

d. prosedur dan teknik pengumpulan data

e. penguasaan teknik pengolahan data

f. cara menyusun laporan penelitan.

3) Objektif dan cermat, tim evaluator adalah sekelompok orang yang mengembangkan tugas tugas penting yang dalam tugasnya ditopang oleh data yang dikumpulkan secara cermat dan objektif.

4). Jujur dan dapat dipercaya

Tim evaluasi merupakan tim kepada siapa pemgambil keputusan menumpahkan seluruh kepercayaannya kepadanya.

Tidak ada komentar: